Friday, 22 Nov 2019

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Mudah

cara menghilangkan ketombe

Pakai baju hitam, takut. Pakai baju warna putih, males banget kotornya. Mau garuk-garuk, malu. Nggak digaruk, rasanya bikin gelayar-gelayar tidak nyaman. Duh, serba salah ya, kalau ngomongin ketombe rambut. Kelihatannya sih sepele, namun sangat meresahkan. Bagaimana tidak? Meskipun ketombe yang menyerang tidak membuat gatal. Tetapi, tetap saja merusak penampilan. Jika berhijab, tetap saja bikin hijab nggak beraturan karena sibuk garukin.

Sebelum memikirkan cara menghilangkan ketombe, sebaiknya cari tahu, penyebabnya. Sebab, ada banyak penyebab munculnya ketombe di kulit kepala. Beda penyebab, maka beda cara menanganinya. Misalnya, ketombe yang muncul karena kulit kepala kering tidaklah perlu diberi sampo anti jamur sebagai pembunuh ketombe, sebab cukup dengan memberi pelembab, maka ketombe bisa diatasi. jadi, yuk simak ulasan singkat mengenai ketombe berikut ini.

Penyebab ketombe

  • Kulit kering

Kondisi kulit kepala yang kering, akan memicu epidermin kulit kepala untuk mengelupas. Sehingga, dengan sedikit gesekan saja, serpihan sel-sel kulit yang mati dan terkelupas, akan meninggalkan jejak serpihan putih yang lazim disebut dengan ketombe.

  • Adanya jamur

Penyebab ketombe yang lain adalah, adanya infeksi oleh zamur jenis Malassezia yang ada di kulit kepala orang dewasa, akan menyebabkan ketombe. Selain muncul serpihan putih, juga menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan.

  • Kurang menjaga kebersihan

Idealnya, kulit kepala dan rambut dicuci seminggu dua kali. Namun, kulit kepala yang lebih sering terpapar kotoran, berkeringat dan lainnya, sebaiknya lebih sering dicuci. Jika tidak, dari kondisi yang kotor dan lembab itu, dapat memicu munculnya ketombe.

  • Kulit kepala iritasi

Adanya luka atau dermatitis pada kulit kepala juga dapat memicu tumbuhnya ketombe. Sebab, sisa sel-lsel kulit yang mati dan juga didukung kondisi yang bagus untuk pertumbuhan mikroba, dapat menjadi pemicu ketombe.

  • Kulit kepala alergi
Baca Juga :  Skincare atau Cream Wardah Acne Series Bikin Ketergantungan?

Penggunaan sebuah produk yang langsung beriteraksi dengan rambut serta kulit kepala, dapat juga menyebabkan munculnya ketombe karena reaksi alergi. Jadi, pastikan mencoba dan membaca kandungan sebuah produk perawatan dengan teliti, sebelum mengaplikasikannya ke kulit kepala dan rambut.

Cara mengatasi ketombe

  • Menggunakan shampoo anti ketombe

Metode satu ini dipakai banyak orang, karena praktis dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Cukup menggunakan shampoo dengan kandungan aktif pyrithione zinc, asam salisilat, selenium sulfide, ketoconazole dan sampoo yang berbahan dasar tar. Karena, bahan-bahan tersebut efektif untuk menghilangkan ketombe yang bersarang di kulit kepala.

  • Mengunakan produk perawatan alami

Perawatan dengan bahan alami harus mengetahui kondisi kulit kepala. Jika ketombe muncul karena kulit kepala yang kering, bia menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil) atau tea tree oil yang keduanya mampu melembabkan kulit kepala sekaligus memiliki kandungan anti mikroba. Sehingga, jika ketombe yang muncul akibat komplikasi kulit kering dan mikroba, dapat dihilangkan dalam satu langkah mudah.

Berbeda jika ketombe muncul karena kulit kepala terlalu berminyak, maka penggunaan air lemon, soda kue dan garam secara bersamaan akan jadi cara menghilangkan ketombe yang ampuh dan tidak terelakkan. Sebab, kombinasi ketiga bahan tersebut, selain membersihkan kulit kepala secara tuntas, juga membantu kulit untuk mengontrol kelebihan produksi minyak serta menyingkirkan mikroba penyebab ketombe yang gatal.

Demikian ulasan singkat mengenai ketombe. Jadi, ketombe bukanlah hal yang menakutkan jika mengetahui penyebabnya. Setelah itu, baru mencari solusinya. Lantaran, jika tanpa mengetahui penyebab detailnya, main hajar saja, pastinya ketombe akan bandel dan betah balik lagi.