Friday, 26 Apr 2019

5 Alasan Mengapa Jangan Menggunakan Serum untuk Kulit Berminyak

serum untuk kulit berminyak

Siapa sih yang tak ingin memiliki tubuh yang putih dan berseri? Namun kenyataannya, sebagian besar wanita Asia memang mempunyai ciri khas warna kulit sawo matang. Sehingga tak heran, jika sekarang ini banyak produk pemutih badan yang memang mampu membutuhkan secara instan.

Eits, jangan senang dulu Anda bisa mendapatkan kulit tubuh yang putih secara instan hanya menggunakan suatu produk saja. Salah-salah, Anda bisa mengalami efek samping yang sangat parah. Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasan di bawah ini tentang bahaya penggunaan pemutih badan!

Bahaya pemutih badan

Jika hanya menggunakan suatu perawatan yang masih wajar, misalnya serum untuk kulit berminyak, tentu boleh-boleh saja dilakukan. Namun bila telah menggunakan perawatan yang ekstrim seperti suntik vitamin C atau bahkan suntik putih, tentu akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa saja bahayanya? Ini dia diantaranya:

  • Pemutih Kulit Adalah Obat Penyakit Kulit

Yaps, fakta ini mungkin sangat mengejutkan untuk sebagian orang. Karena memang benar adanya, bahwa obat yang digunakan untuk memutihkan tubuh adalah obat untuk penyakit kulit.

Memang, penggunaannya sama-sama untuk kulit, namun exfoliant yang khusus diberikan kepada penderita penyakit kulit tentu memiliki kandungan yang berbeda, sehingga akibatnya pada kulit normal adalah kulit akan menjadi belang atau tak rata.

  • Pemutih Tak Benar-Benar Membuat Kulit Jadi Putih

Pada jenis pemutih kulit, mungkin memang mengandung exfoliant yang bekerja secara efektif mengurangi pigmentasi atau melanin, dimana obat ini digunakan untuk meratakan bagian tubuh yang gelap.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa terkadang terdapat produk pemutih badan yang mengandung exfoliant sangat ringan. Sehingga fungsi ini hanya untuk membersihkan sel kulit mati saja, tanpa membuat kulit menjadi putih dari warna alami sebelumnya. Jadi bisa disimpulkan, penggunaannya hanya menjaga kulit saja, bukan memutihkan.

  • Muncul Efek Samping Berbahaya

Tak sedikit pemutih kulit yang memiliki kandungan bahan kimia sangat tinggi. Bahkan bahan yang terlihat aman digunakan seperti hydroquinone, tak dianjurkan oleh dermatologi untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini karena bagi penderita yang memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap jenis obatan tertentu, akan menimbulkan reaksi yang parah, misalnya gatal, rasa terbakar, bahkan yang terparah adalah iritasi.

  • Pemakaian Jangka Panjang Akan Menggelapkan Kulit

Alih-alih ingin mendapatkan kulit yang putih, malah akan menggelapkan. Apakah Anda ingin mengalami hal tersebut? Tentu tidak bukan? Namun nyatanya, ada beberapa bahan pemutih badan yang akan menggelapkan badan jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Seperti contoh, jika kandungan hydroquinone digunakan dalam dosis 2% atau lebih dalam waktu 3 bulan saja, maka akan memberikan hasil negatif  atau hasil paradoks.

  • Pilihan Pencerah Kulit Alami

Terakhir, bagi Anda yang tak ingin mengalami masalah berat dalam memutihkan badan, gunakanlah bahan yang alami, yakni berasal dari alam. Ya, sekarang ini dunia kecantikan telah berkembang, dimana bahan-bahan alami telah diteliti secara lebih dalam, sehingga menemukan bahkan bahan alami itu memiliki khasiat yang besar untuk memutihkan kulit.

Sebagai contoh bengkuang. Dimana bahan yang satu ini memiliki kandungan vitamin E yang mampu menutrisi hingga ke dari kulit.

Lebih dari itu, contoh lain adalah susu. Dimana susu memiliki kandungan vitamin B, yang mampu membentuk kolagen dalam jumlah yang banyak. Kolagen ini sendiri akan membantu mencerahkan kulit dari dalam dengan masuk ke dari pori-pori.

Atau Anda juga bisa menggunakan serum untuk kulit berminyak, dimana serum ini juga secara tak langsung akan membantu proses pencerahan kulit secara cepat. 

Pada dasarnya untuk mendapatkan kulit tampak putih dan cerah alami bukanlah menggunakan produk pemutih badan yang ekstrim. Namun lebih tepatnya menggunakan bahan alami dan diimbangi dengan perawatan yang tepat.

Baca Juga :  Bingung Memilih Foundation? Cek Ulasan Wardah Foundation Review di sini!